New
Ninja 250 adalah gacoan Kawasaki di kelas motor sport 250cc yang cukup laris
dibandingkan para pesaingnya. Bagaimana nggak laris ? Dari lahirnya sudah
bertampang cakep dan memukau, didukung peforma mesin 2 silinder DOHC yang
terkenal dahsyat. Tentu membuat orang-orang sangat ingin memilikinya.
Tapi
yang namanya manusia tentu pastinya ada aja yangg nggak puas sama penampilan
standart si Ninja. Beberapa pemiliknya tentu ada yang ogah tampil STD alias
standart dan pengen tampil beda dari Ninja-Ninja yang lain. Akhirnya jalur
modifikasi pun dipilih.
Modifikasi
untuk New Ninja 250 ini ada bermacam-macam. Ada yang ekstrim semisal ganti body
dan kaki-kaki, ada pula yang ringan dengan sekedar pasang aksesoris bolt on
atau menghiasi body dengan cutting sticker.
Nah di
artikel kali ini, yuk kita bahas tentang modifikasi untuk New Ninja 250 itu. NP
mulai dari yang ekstrim sampai yang ringan ya … Monggo disimak.

1. Modifikasi
Sektor Body
Ada
yang bilang kalau body belakang New Ninja 250 ini tampilannya kurang bagus jika
dibandingkan dengan body belakang old Ninja 250 yang masih pakai karburator.
Bagi yang kurang puas, tentu akhirnya body belakang pun diganti. Biasanya sih
tak usah ganti/ubah rangka belakang. Cukup ganti body belakang dengan body
custom yang umumnya terbuat dari bahan fiber. Modelnya pun beragam. Ada yang
meniru body belakang pacuan Moto GP macam Yamaha M1 atau body belakang motor
lain.
Selain
body belakang, sektor tangki pun terkadang tak luput dari perhatian. Tangki ori
yang dirasa kurang memuaskan biasanya akan dikondom dengan bentuk baru dari
bahan fiber. Sektor tangki pun makin terlihat besar dan sangar.

Bagian
fairing pun tak terlupakan. Ada yang mengganti bagian bawah fairing dengan
barang custom berbahan fiber agar terlihat makin beda. Ada pula yang mengganti
windshield standart dengan produk variasi agar tampil beda. Dan ada pula yang
memasang lampu projector di headlamp si Ninja agar tampilan makin sangar dan
penerangan makin mumpuni.

2. Penggantian Sektor Kaki-Kaki Dengan Limbah Moge
Kaki-Kaki
Standart New Ninja 250 yang sebenarnya sudah kokoh dan gagah untuk beberapa
orang dirasa kurang memuaskan. Oleh karena itu beberapa pemilik Ninja ini kerap
melakukan pengubahan pada sektor kaki-kaki yang meliputi shock breaker depan,
velg depan-belakang, swing arm, dan lain-lain. Biasanya part ini diganti dengan
part milik limbah moge (motor gede) yang rata-rata ukurannya besar-besar banget.
Bagian depan biasanya diacangkok shock upside down, double cakram dan velg
lebar. Dan bagian belakang biasanya menggunakan swing arm model banana dan juga
velg ekstra lebar. Bahkan ada juga yang menggunakan mono arm atau swing arm
berlengan tunggal untuk sektor buritan.

3. Modifikasi
Ringan Dengan Aksesoris Bolt On
Modifikasi
kali ini terbilang cukup mudah dan murah. Soalnya bermodalkan part-part
aksesoris yang memang buat Ninja 250. Jadi biasanya sifatnya PNP/Bolt
ON/langsung pasang tanpa ubahan yang terlalu rumit. Part aksesoris itu
diantaranya : Stang, jalu setang, steering dumper, frame slider, knalpot, dan
lain-lain. Beberapa produsen aksesoris ini sudah ada banyak, diantaranya merk
Bikers, KTC, dan lain-lain.

4. Modifikasi
Ringan Dengan Cutting Sticker Di Sektor Body
Modifikasi
yang satu ini juga terbilang mudah untuk dilakukan, karea cukup menempelkan
cutting sticker pada body polosan New Ninja 250 agar nampak beda. Meskipun
mudah dilakukan, namun dampak dari modifikasi ini bisa langsung terasa. Soalnya
motor akan benar-benar tampil beda dari yang lain. Cukup bermodalkan sticker,
New Ninja 250 sampean sudah bisa tampil keren dan beda dari yang lain. Untuk
biayanya pun cukup terjangkau, tergantung motif dan besarnya sticker yang akan
dibuat.


Sedikit pesan tambahan :
- Modifikasi motor yang tidak safety dan melanggar aturan tidak dianjurkan untuk motor harian/touring.
- Modifikasi jangan terlalu berlebih-lebihan.
Sumber :
Adapted by :
Yoel Fernando
( XI A-4 / 33 )
0 komentar:
Posting Komentar